Minggu, 20 Maret 2016

Artikel Permainan Sepak Bola

SEPAK BOLA

Adalah permainan bola yang dimaikan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan sebelas orang. Olahraga ini sangat digemari dan terkenal sampai ke manca negara yang dimainkan oleh berbagai kalangan jenis usia baik usia tua maupun muda. Permainan dari sepak bola ini bertujuan untuk mencetak gol/memasukan bola kedaerah gawang lawan sebanyak - banyaknya dengan menggunakan bola kulit berukuran 27 – 28 inci. Lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola ini umumnya berumput hijau dengan lebar lapang 50-100 yard dan panjang 100-300 yard. Gawang tempat mencetak gol terletak di bagian ujung lapangan dengan dibatasi jaring berukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.



A. Pengertian Sepak Bola


Sepak Bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di Dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukan bola ke gawang kelompok lawan. Masing - masing kelompok beranggotakan sebelas pemain dan di namakan dengan kesebelasan.

B. Peraturan  Resmi Sepak Bola

Sejak dulu, permainan sepak bola ini menimbulkan kekerasan bahkan hingga kematian,maka dari itulah, IFAB membuat sebuah peraturan yaitu:


  • Offside
  • Pelanggaran
  • Tendangan bebas
  • Tendangan Pinalti
  • Lemparan dalam
  • Tendangan gawang
  • Tendangan sudut
C. Teknik Dasar Pemainan Sepak Bola 

Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepak bola yang baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah Menendang, Menghentikan atau Mengcontrol, Menggiring, Menyundul, Merampas, Lemparan Kedalam, dan Menjaga Gawang.

D. Wasit Sebagai Pengukur Waktu Resmi

Wasit yang memimpin pertandingan sejumlah 1 orang dan dibantu 2 orang sebagai hakim garis. Kemudian dibantu wasit cadangan yang membantu apabila terjadi pergantian pemain dan mengumumkan tambahan waktu. Pada waktu Piala Dunia 2006, digunakan offisial kelima. Penggunaan 2 wasit sempat dicoba pada copa italia, Penggunaan 4 hakim garis kabarnya juga dicoba di piala dunia 2010, dimana 2 diantaranya berada di belakang gawang.

E. Taktik Permainan

Taktik yang biasa dipakai oleh klub-klub sepak bola adalah sebagai berikut:
4-4-2, 4-3-2-1, 4-5-1, 3-4-3, 3-5-2, 4-3-3

Taktik yang dipakai oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan, yaitu: bertahan, menyerang, dan normal.

F. Tim

Setiap Tim maksimal memiliki sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Kadang- kadang ada peraturan kejuaraan yang menghatuskan jumlah minimum pemain dalam sebuah tim (biasanya delapan). Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan gawangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar