Jumat, 25 Maret 2016

Liburan ala petani, ke Sumedang – Jawa Barat.

Sumedang adalah sebuah kabupaten yang berada didaerah jawa barat, tidak begitu terkenal seperti daerah-daerah yang ada di jawa barat seperti bandung, puncak bogor, garut, dll. Tapi kenikmatan yang saya alami di kota tersebut sama dengan saya berlibur di luar negri, sangat memuaskan. Indonesia bukan hanya Jakarta.

Perjalanan saya ke Sumedang bersama teman-teman, melalui kendaraan roda empat, perjalanan saat itu hari kamis, pada awal bulan. Di tanggal 21-01-2016, pada waktu itu dimulai keberangkatan saat malam hari sekitar 21:00 pm. Sebelum berangkat, seperti biasa meminta doa kepada Allah S.W.T semoga diberikan kemudahan dan sampai di tujuan. Selama di perjalanan semua merasa gembira karena tidak sabar lagi ingin memulai suasana baru di daerah tersebut walaupun hanya liburan kecil, nampak sudah larut malam dan setibanya sekitar pukul 24:00 pm barulah kita semua sampai. Perjalanan lancar dan tidak terjadi kemacetan pada saat itu.

Ini foto pada saat selesai shalat jum’at karena kemarin malam sudah sangat pagi dan semua badan terasa letih. Rumah ini rumah teman saya yang bernama Mahardika, beliau yang merupakan warga aseli di daerah Sumedang tersebut. Kami sangat berterima kasih karena sudah di perbolehkan mampir ke kediaman beliau dan orang tua beliau pada waktu masih kecil. Wajah-wajah kaum kusam dari Jakarta nampak terasa bahagia dalam batinnya karena sedang liburan.

Di foto ini pada waktu sore hari yang saya beri judul “Liburan ala petani” karena di daerah tersebut masih sangat banyak sawah-sawah yang berisikan padi dan saung untuk tempat bersantai. Mereka semua adalah kerabat saya waktu di Sekolah Menengah Atas. Kegiatan saya dan kerabat saya pada saat itu bercanda sambil seduh kopi layaknya seorang yang sedang memantau hasil panen sawahnya tersebut.

Pada malam hari kami semua bergegas untuk makan malam bareng, semua sudah nampak kembali segar dengan aroma parfum yang mereka kenakan. Kami semua mengobrol santai di teras rumah sambil membicarakan malam ini tujuan mana lagi yang akan kita tuju, ternyata tidak lama kita berdiskusi. Kami semua sudah menemukan jawabannya.

Kami tiba di Alun-Alun Sumedang, karena tidak sah kalau tidak ke tempat maskotnya kota tersebut, istilah kalo orang-orang sedang jalan-jalan. Full team kami berfoto dengan belakangan seperti tugu atau peninggalan orang pada jaman dahulu. Memang sangat vital bagi anak muda jaman sekarang jika bertamasya tapi mereka tidak memfoto atau mengabadikan momen tersebut. Yes, kami sudah menginjak tanah Sumedang.

Ini adalah peta sebuah kabupaten sumedang, kami bersinggah ke daerah desa Cimalaka pada saat itu. Sumedang itu dingin sama dengan kota-kota di daerah jawa barat, tidak kalah dingin sama di Bandung.

Pada saat kami menjelajahi wisata di Sumedang, ini di samping persis kediaman saya, namanya umbul ponggok tempat seperti kolam renang tapi dibawahnya banyak ikan, karena air mengalir dari mata air langsung. Sangat dingin, asik, dan seru.

Sesudahnya membasuh seluruh badan, kami bersantai di luar atau bertemakan “Jungle Rileks” saya dan teman-teman melakukan kegiatan Hammock di bukit Gunung Tampo Mas di wilayah tidak jauh dari kediaman juga. Sangat nyaman sekali udara yang masih bagus untuk di hirup.

Begitulah cerita singkat saya dan teman-teman saya pada saat berlibur ke daerah Sumedang. Sekali lagi saya mau bilang, Indonesia bukan hanya jakarta. Terima kasih.

Pendapat orang-orang disekitar tentang tempat wisata umbul ponggok tersebut

N : Bagaimana kenikmatan yang anda alami di tempat ini?
A : Wah asik banget bro, dingin disini. Saya ga kuat buat berlama-lama di kolam itu,                     maklum badan saya kurang tebal Hahaha
N : Gimana menurut kamu evaluasi yang akan di lakukan dengan tempat tsb?
A : Jaga tempat tersebut jangan sampai banyak sekali sampah dan sama-sama jaga  pokoknya       supaya masih layak untuk jangka lama tempat wisata yang jarang sekali langsung dari             mata air. Jangan lupa juga buat penjaga yang misalkan anak-anak kecil banyak berada di         sebuah kolam untuk menjaga dari mara bahaya.
N : Jika waktu yang akan datang, kamu masih ingin main ke tempat ini lg?
A : Pasti dong,  tempat ini bakal ngangenin bre.
N : Okay, terima kasih atas waktunya. Terima kasih.