Minggu, 17 April 2016

Motor Klasik, Makin Tua Makin Dicinta


Tentu anda pernah berjumpa dengan sekawanan pengendara sepeda motor yg sedang melintasi dijalan, atau sedang bekumpul disebuah tempat dengan motor yg berjajar dengan rapih (kopdar). Dengan berbagai jenis motor ataupun berbeda-beda, memakai atribut seperti rompi baik dari bahan kulit, jeans, dan parasut. Menggunakan box, side box, atau tidak. Motor-motor yg tidak biasa seperti umumnya keluaran pabrikan atau bisa disebut dengan modif/custom.  Ya, itulah mereka para bikers/riders, dengan hobby yg sama dan juga persamaan Visi dan Misi. Dan mempunya ikatan kekeluargaan yg sangat erat. Tidak seperti gangster yg membuat onar atau keributan d jalan, bahkan sampai melakukan tindak kriminal. Namun, terkadang masyarakat kita masih menyebut suatu club atau community dengan julukkan gangster.

Keberadaan sebuah benda, jika semakin berumur, tentu akan semakin bernilai harganya. Tampaknya itu yang disadari oleh beberapa komunitas pencinta barang-barang tua, seperti mobil, motor dan sebagainya. Khusus untuk sepeda motor, di Indonesia terdapat sebuah komunitas pencinta sepeda motor tua. Mereka menamakan dirinya Classic Motorcycle.

Awalnya komunitas ini hanya berupa milis di classic_motorcycle@yahoogroups.com. Namun karena perkembangan jaman semakin meningkat, akhirnya pada tanggal 1 Juni 2006, lahirlah sebuah website classic-motorcycle.org yang merupakan wadah resmi pencinta motor klasik di Indonesia.

Selain itu, komunitas ini lahir juga karena adanya Undang Undang No. 5 tahun 1992 tentang cagar budaya yang berbunyi: “Benda buatan manusia bergerak atau tidak bergerak yang berumur 50 tahun dianggap mempunyai nilai penting bagi sejarah ilmu pengetahuan dan budaya”. Kebanyakan sepeda motor klasik telah berusia lebih dari 50 tahun.

Keberadaan sepeda motor di Indonesia berawal dari tahun 1900, ketika Belanda masih menduduki Indonesia. Setelah merdeka, hubungan dagang dengan negara-negara lain semakin berkembang, dan bersamaan dengan itu makin berkembang pula teknologi sepeda motor buatan Eropa yang mencapai masa kejayaannya pada tahun 1930 sampai 1970an.

Kini motor-motor yang tercipta pada dari tahun 1900 hingga 1970 sudah tidak diproduksi lagi, sehingga kebutuhan akan onderdil semakin sulit dicari. Karena itu, di website Classic Motorcycle tersedia forum jual beli yang memudahkan pengguna untuk mencari barang yang mereka inginkan.

Dengan tagline “Save Ours Classicbike” Classic Motorcycle terus berupaya untuk menjaga serta melestarikan motor-motor tua yang ada di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar